Proses Normalisasi Anak Sungai di Paal Dua Terus Berjalan, Dinas PUPR Apresiasi Dukungan Warga

Kabar-online, Manado- Proses normalisasi anak sungai di kelurahan Paal Dua, kecamatan Paal Dua berjalan baik.

Kamis (7/4/2022), tim dari Dinas PUPR dengan alat berat turun ke lokasi normalisasi di lingkungan 10. Beberapa bagian bangunan rumah di lokasi tersebut harus dibongkar, karena berdiri di atas badan sungai dan menyebabkan penyempitan anak sungai.

“Di titik ini terjadi penyempitan, sehingga kami melakukan pelebaran sekitar setengah meter di kiri dan kanan (anak sungai),” ungkap Kepala Dinas PUPR, John Suwu melalui Maxi Solang.

Dia menyampaikan, proses normalisasi anal sungai ini dapat berjalan lancar tak lepas dari dukungan masyarakat dalam hal ini pemilik rumah di samping anak sungai.

“Terimakasih untuk pemilik-pemilik rumah yang mendukung program Pemerintah Kota Manado dalam proses normalisasi anal sungai ini,” tukas Solang.

Dimana proses pembongkaran ini sudah melalui tahapan sesuai aturan.

“Sebelumnya kita sudah memberikan Surat Pemberitahuan 1 sampai 3. Dan secara persuasif kita melakukan pendekatan. Kami mengimbau untuk warga agar dapat membongkar sendiri bangunannya dan bila membutuhkan bantuan alat, tim kami siap turun,” lanjutnya.

Dukungan dari masyarakat terhadap proses normalisasi anak sungai dan pembongkaran beberapa bagian bangunan warga juga disampaikan Kepala Lingkungan 10, kelurahan Paal Dua, Wilson Umboh.

“Warga pemilik lahan setelah mendapat penjelasan dari dinas terkait, dapat menerima sehingga proses ini dapat terus berjalan,” ucap Umboh.

Proses normalisasi dan pembongkaran yang dilakukan ini juga dilakukan bersama-sama Satpol PP Kota Manado.

“Kami sebagai penegak Perda melakukan pendampingan dalam proses normalisasi anak sungai ini,” tegas Kabid Trantibum Satpol PP Kota Manado, Herry Ratu.

Seperti diketahui, normalisasi anak sungai di Paal Dua ini dilakukan untuk meminimalisir banjir yang sering terjadi dan menimpa warga di lokasi tersebut.

Pemerintah Kota Manado dipimpin Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang secara intens melakukan upaya-upaya mencegah dan meminimalisir banjir dan genangan air, salah satunya lewat normalisasi anak sungai.

Redaksi