Kiat Jooke Lendo Memajukan SDN 02 Manado

Kabar-online, Manado- Di bawah kepemimpiman, Jooke Lendo, SPd, MSi, SDN 02 Manado, mampu menjadi salah satu sekolah yang menunjukkan kemajuan di berbagai aspek.

Dari kualitas pendidikan, pembentukan karakter baik guru dan peserta didik hingga kebersihan lingkungan sekolah.

Alhasil, SDN 02 Manado dalam beberapa waktu terakhir rutin menjadi sekolah perwakilan Kota Manado yang dikunjungi berbagai pihak. Dari Kemendikbudristek, BPMP Provinsi Sulut, Walikota Manado dan yang terbaru Kementerian Lingkungan Hidup.

Lendo yang ditemui di ruangannya, Kamis (10/11/2022) menjelaskan bahwa setelah dipercayakan memimpin SDN 02 Manado, dia mengupayakan untuk ada perubahan dimulai dari guru dan peserta didik.

“Kita memberikan penguatan dan pendampingan kepada guru dalam proses pembelajaran dan para guru menerima dengan baik,” ucap Kepsek.

Dia mengatakan sebagai tenaga pendidik, guru harus mengetahui kemampuan siswa dan memetakan minat dan bakat, baik akademik maupun non akademik.

“Contoh akademik, misalnya peserta didik yang memiliki kemampuan di matematika, maka dibimbing secara khusus. Untuk non akademik kita kembangkan lewat ekskul (ekstra kulikuler) contohnya kesenian,” tukas Lendo.

Lebih lanjut, Kepsek yang sudah berpengalaman memimpin di sejumlah sekolah ini menerangkan bahwa guru di SDN 02 juga harus melahirkan pembelajaran yang inovatif.

“Guru harus memiliki keterampilan abad 21 yaitu harus kritis, mampu memecahkan masalah, kreatif dan inovatf, serta komunikatif, apakah itu dengan orang tua, dengan pimpinan dan sejawat. Juga kolaboratif artinya bekerjasama dalam menghadapi tugas pokok mereka, saling memberi masukan, apa yg perlu dikembangkan dan yang baik dipertahankan,” lanjutnya.

Komunikasi antara orang tua dan guru juga disebutnya penting agar guru mendapat informasi bagaimana keberadaan anak tersebut sehingga mudah dalam mengarahkan anak.

“Saya memberikan motivasi pada mereka (guru), ternyata guru mereka mampu mengembangkan diri sebagaimana tuntutan mereka sebagai guru. Dimana SDN 02 Manado juga sudah melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka. Walaupun baru di kelas 1 dan 4, kelas lain juga terus melakukan pengembangan diri dalam hal melakukan proses pembelajaran berdasarkan projek profil Pancasila,” tandas Lendo.

Redaksi