Vaksin Dilakukan 4 Tahap, Ini Penjelasan Dinas Kesehatan Kota Manado

Kabar-online, Manado- Pelaksanaan vaksin di Kota Manado akan dilakukan sebanyak 4 tahap.

Dijelaskan Kepala Dinas Kota Manado, untuk tahap pertama vaksinasi diberikan bagi para tenaga medis. Tahap kedua bagi pejabat, birokrat dan ASN secara keseluruhan. Tahap ketiga dan keempat bagi masyarakat.

“Tahap 3 untuk masyarakat resiko tinggi terpapar sementara tahap 4 juga untuk masyarakat dengan pendekatan kepada yang diduga ada cluster-cluster Covid-19,” jelas Sumenda saat dikonfirmasi.

Dia mengatakan untuk tahap pertama ini ditargetkan sebanyak 6497 tenaga medis yang akan divaksin. Mulai dari tenaga medis di rumah sakit hingga klinik.

“Kita targetkan April tahun 2021, pelaksanaan vaksin bagi tenaga medis ini sudah selesai dilakukan,” ungkapnya.

Meski begitu, ada persyaratan bagi tenaga vaksin yang nantinya akan diberi vaksin. Yakni vaksin akan diberikan kepada tenaga medis yang memiliki riwayat belum pernah terpapar covid-19. Sedangkan tenaga medis yang sudah pernah terpapar kemudian bisa sembuh, sudah tak lagi diberikan vaksin.

“Target kita untuk vaksin ini ¬†adalah kelompok yang belum terpapar, kalau mereka sudah terpapar tidak divaksin lagi,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia berujar pemberian vaksin sebagai upaya untuk menciptakan kekebalan tubuh terhadap Covid-19.

“Untuk menciptakan kekebalan ada dua cara, lewat vaksinasi cara yang paling aman, juga ada orang yang mengalami kekebalan secara alami, yakni terpapar Covid-19 kemudian bisa sembuh,” kata Sumenda.

Redaksi